Anggota Kelompok 10
# Safrida Liasna [11-057]# Regina Anastasia [11-077]
# Yunita Girsang [11-101]
# Firman A. Sebayang [11-123]
1. Coba jelaskan bagaimana persinggungan
teknologi dan pendidikan?
Teknologi berperan besar dalam dunia pendidikan karena teknologi dapat
memperrmudah proses belajar mengajar guru dan murid disekolah.
Contoh : cara mengajar guru dengan teknik presentasi akan lebih
gampang apabila menggunakan laptop, proyektor, mic, dsb. Selain itu yang juga
berperran dalam dunia pendidikan adalah internet sebab melalui internet siswa
dan guru bisa mendapatkan informasi yang akurat, cepat dan tepat. Sekarang
dengan adanya internet murid dan guru tidak harus bertatap muka dikelas untuk
pembahasan materi belajar, mereka juga bisa membahas materi baik secara online
dan pengumpulan tugas muridpun bisa dilakukan melalui email.
2. Coba bandingkan apa yang dibaca dengan pendidikan di masa sekolah!
Jika dibandingkan dengan apa yang kami baca dari buku tentang standar untuk murid yang “Melek Teknologi”
Jika dibandingkan dengan apa yang kami baca dari buku tentang standar untuk murid yang “Melek Teknologi”
a. Pra taman kanak-kanak sampai grade dua
Pada masa kini di Indonesia pada pendidikan dijenjang ini teknologi belum banyaj berperan dalam proses belajar mengajar. Belum semua TK memiliki komputer, printer, tapi untuk buku interaktif, alat menulis, sudah semua TK memilikinya.
b. Grade 3 sampai 5
Tingkat ini yang setara dengan SD di Indonesia, khususnya SD swasta sudah menggunakan komputer, sumberdaya online, dan sumber daya teknologi tapi jika dibandingkan dengan SD Negri alat-alat teknologi tersebut masih jarang ditemukan.
c. Grade 6 sampai 8
Tingkat ini setara dengan SMP di Indonesia, aplikasi strategi memecahkan problem hardware dan software yang muncul dalam penggunaan sehari-hari sudah diterapkan seperti ketika murid mengerjakan tugas menulis surat ia dapat menggunakan aplikasi MS Word. Selain itu ketika mengobservasi menggunakan rekaman video mereka dapat mempublikasikan melalui MS Power Point atau melalui web.
d. Grade 9 sampai 12
Setara tingkat SMA di Indonesia sudah diterapkan di Indonesia mereka sudah menggunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar mereka, dan sudah menggunakan teknologi untuk mengelola jadwal dan sebagainya.
Pada masa kini di Indonesia pada pendidikan dijenjang ini teknologi belum banyaj berperan dalam proses belajar mengajar. Belum semua TK memiliki komputer, printer, tapi untuk buku interaktif, alat menulis, sudah semua TK memilikinya.
b. Grade 3 sampai 5
Tingkat ini yang setara dengan SD di Indonesia, khususnya SD swasta sudah menggunakan komputer, sumberdaya online, dan sumber daya teknologi tapi jika dibandingkan dengan SD Negri alat-alat teknologi tersebut masih jarang ditemukan.
c. Grade 6 sampai 8
Tingkat ini setara dengan SMP di Indonesia, aplikasi strategi memecahkan problem hardware dan software yang muncul dalam penggunaan sehari-hari sudah diterapkan seperti ketika murid mengerjakan tugas menulis surat ia dapat menggunakan aplikasi MS Word. Selain itu ketika mengobservasi menggunakan rekaman video mereka dapat mempublikasikan melalui MS Power Point atau melalui web.
d. Grade 9 sampai 12
Setara tingkat SMA di Indonesia sudah diterapkan di Indonesia mereka sudah menggunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar mereka, dan sudah menggunakan teknologi untuk mengelola jadwal dan sebagainya.
3. Coba jelaskan ubiquitos computing? Apa pendapat
anda mengenai ubiquitos computing?
Ubiquitos comoputing adalah dunia pasca personal computer dimana
perangkat komputer akan dijadikan perangkat yang kecil, portable, mobile, dan
murah diperkirakan akan menggantikan komputer desktop. Perangkat baru ini dapat
memampukan murid untuk membawa perangkat informasi personal ke lapangan untuk
membantu mengerjakan suatu tugas dan bisa dibawa pulang. Kami sangat setuju
dengan adanya ubiquitos computing karena dengan adanya ini dapat mempermudah
dalam pengerjaan tugas dan dapat memenuhi kebutuhan perkuliahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar