Kamis, 26 April 2012

Rancangan Mini Proyek

Anggota Kelompok :

RANCANGAN MINI PROYEK
Setelah melewati begitu banyak hasil pertimbangan  dan diskusi.
Topik : Peran teknologi sebagai media belajar pada siswa SMA
Judul : Perbedaan metode belajar presentasi dan metode belajar  dari sudut pandang Memori.

Dengan pendahuluan :
Kami memilih topik ini karena kami melihat proses pembelajaran sekarang dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) begitu banyak metode yang digunakan dalam proses pembelajaran agar murid dapat memahami pelajaran tersebut. Sehingga  timbullah keinginan kami untuk mengetahui perbedaan metode belajar presentasi dan metode belajar ceramah dari sudut pandang memori.

Dimana menurut John Dewey dan William James yang menekankan strategi belajar Konstruktivisme yakni, agar individu secara aktif menyusun dan membangun (to construct) pengetahuan dan pemahaman. Menurut konstruktivis, guru bukan sekedar memberi informasi ke pikiran anak, akan tetapi guru mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan, merenung, dan berpikir secara kritis.

Dan juga dimana ketika proses pembelajaran tertentu dapat tersimpan di memori. Sehingga saat proses pembelajaran yang tidak cukup lama pun, memori dapat digunakan secara maksimal. Yang kami tekankan disini adalah bahwa metode belajar akan mempengaruhi tersimpan atau tidaknya materi yang diajarkan di dalam memori. 

Alat atau bahan :
•    Dengan menggunakan kuisioner
pertaqnyaan seputar materi yang diberikan dengan metode yang berbeda di setiap kelas yang digunakan, yakni : metode belajar presentasi dan metode belajar ceramah.
•    Dengan observasi
Dimana akan dilakukan observasi selama proses pemberian materi berlangsung.
•    Alat tulis
•    Kamera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar