Nama Kelompok :
- Cellia Elisabeth S (11-041)
- Regina AnastasiaS P (11-077)
- Berliana Mega Sari L (11-095)
Topik : Peran teknologi sebagai media belajar pada siswa SMA
Judul : Perbedaan metode belajar presentasi dan metode belajar ceramah dari sudut pandang Memori
I.Perencanaan
1.1 Pendahuluan
Kami memilih topik ini karena kami melihat proses pembelajaran sekarang dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) begitu banyak metode yang digunakan dalam proses pembelajaran agar murid dapat memahami pelajaran tersebut dan yang salah satunya adalah metode belajar presentasi dan ceramah. Sehingga timbullah keinginan kami untuk mengetahui perbedaan metode belajar presentasi dan metode belajar ceramah dari sudut pandang memori.
1.2 Landasan Teori
Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Benjamin Bloom menciptakan taksonomi keahlian kognitif yang mencakup pengingatan, pemahaman, synthesizing, dan pengevaluasian, yang menurutnya harus dipakai dan dikembangkan oleh guru untuk membantu murid-murid.
Dan juga dimana ketika proses pembelajaran tertentu dapat tersimpan di memori. Sehingga saat proses pembelajaran yang tidak cukup lama pun, memori dapat digunakan secara maksimal. Yang kami tekankan disini adalah bahwa metode belajar akan mempengaruhi tersimpan atau tidaknya materi yang diajarkan di dalam memori.
1.3 Alat atau bahan :
· Dengan menggunakan kuisioner pertaqnyaan seputar materi yang diberikan dengan metode yang berbeda di setiap kelas yang digunakan, yakni : metode belajar presentasi dan metode belajar ceramah.
· Dengan observasi, dimana akan dilakukan observasi selama proses pemberian materi berlangsung.
· Alat tulis
· Kamera
1.4 Analisa data
Pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkapdampak dari metode belajar presentasi dengan metode ceramah dari sudut pandang memori. Pengumpulan data pada tugas mini proyek berupa data primer yang artinya data yang didapat oleh peneliti serta metode atau teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner (daftar pertanyaan) kepada siswa-siswa SMA. Metode kuesioner adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi sendiri oleh responden. Responden adalah orang yang memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Jenis pertanyaan yang digunakan adalah isian singkat dari materi yang telah diberikan. Proses analisis data dimulai dengan menelah seluruh data yang telah diperoleh yaitu dari kuesioner yang telah diisi oleh responden. Kemudian data tersebut dibaca, dipelajari,dan ditelaah maka langkah berikutnya adalah mengkategorisasikan atau data yang memilih jawaban yang sama dari kuesioner yang telah dijawab oleh responden kemudian menghitung persentasi data .kemudian ditarik kesimpulan.
1.5 Objek atau subjek
Pengumpulan data dengan metode kuesioner dapat diisi oleh seluruh siswa SMA baik siswa kelas X, XI maupun siswa XII. Subjek penelitian adalah dampak dari metode belajar presentasi dengan metode ceramah dari sudut pandang memori dan objek penelitian adalah siswa SMA yang berada di bimbingan belajar (bimbel) di bimbingan belajar Einstein College sehingga merekalah yang menjadi responden dari penelitian.
1.6 Jadwal pelaksanaan
1.7 Kalkulasi biaya
Kegiatan
|
Waktu
|
Biaya
|
Print kuisioner & fotokopi
|
Sabtu, 26 Mei 2012
|
Rp. 3000,00
|
2 kotak pulpen standard (reward)
|
Kamis, 24 Mei 2012
|
Rp. 24.000,00
|
Transportasi
|
Senin, 28 Mei 2012
|
Rp.13.000,00
|
Sewa infocus
|
Senin, 28 Mei 2012
|
Rp. 20.000,00
|
Total
|
Rp. 60.000,00
|
II. Pelaksanaan
Pada tugas mini proyek ini ada 3 tahapan yang harus dilaksanakan,yaitu tahap perencanaan,tahap pelaksanaan dan tahap laporan serta evaluasi.
Tahap pertama yang dilakukan adalah perencanaan.Pengerjaan tahap ini dilaksanakan pada hari Jumat,20 April 2012. Di dalam tahap ini topik yang dipilih adalah peran teknologi sebagai media belajar pada siswa SD/SMP/ SMA.Berdasarkan topik tersebut diangkat judul adalah dampak dari metode belajar presentasi dengan metode ceramah dari sudut pandang memori pada siswa SMA. Setelah pemilihan judul selesai ,disusunlah bagian pendahuluan,landasan teori,alat dan bahan yang digunakan,analisis data,objek dan subjek yang terlibat,membuat time table,dan menghitung kalkulasi biaya.Pada bagian yang akan dikerjakan ini dilakukan pembagian tugas pada masing-masing anggota kelompok.
Setelah pada tahap perencanaan selesai maka yang harus dikerjakan adalah tahap pelaksanaan. Sebelum memasuki tahap pelaksanaan,dilakukan penyusunan kuesioner.Penyusunan materi yang akan disampaikan ini dilakukan pada hari Sabtu, 5 Mei 2012.Kuesioner ini digunakan sebagai metode dalam pengumpulan data.Pada kuesioner ini terdiri atas 5 pernyataan yang dimana masing-masing pernyataan berkaitan dengan materi yang telah diberikan sebelumnya kepada responden.
Pada hari Sabtu, 15 Mei 2012 kuesioner yang telah selesai disusun akan diprint serta difotocopy. Kuesioner ini difotocopy sebanyak 20 buah.Selain itu juga dilakukan pembelian 2 buah kotak pulpen sebagai reward yang nantinya akan diberikan pada siswa yang telah mengisi lembar kuesioner yang dibagikan.
Pada hari Sabtu, 28 Mei 2012 sekitar pukul 16.30, dilakukan penyampaian materi dan kemudian diberikan kuisioner seputar materi yang telah disampaikan. Pengumpulan data yaitu melalui penyebaran kuesioner di bimbingan Einstein College. Kuisioner yang diberikan sebanyak 20 dengan pembagian dua kelas dengan 10 orang setiap kelasnya. Di samping itu,juga dilakukan dokumentasi di kedua bimbingan berupa pengambilan foto menggunakan kamera digital seperti mengambil gambar saat berlangsungnya proses pengisian kuesioner yang dilakukan oleh siswa SMA.
Pada hari Rabu, 30 Mei 2012 dilakukan analisis data dari hasil yang telah terkumpul pada penyebaran kuesioner kemarin harinya. Sebelum proses analisis telah diusahakan agar tidak terjadi bias dari awal penyampaian materi sampai pada pengisian kuisioner. Dan pada proses analisis ini,penghitungan data dilakukan dengan sangat teliti untuk menghindari terjadinya kesalahan. Dan pada hari yang sama telah didapat hasil survey.
Pada hari Sabtu, 2 Juni 2012 dari kesimpulan itu diterjemahkan ke dalam bentuk poster.Pembuatan poster ini menggunakan software adobe photoshop. Pembuatan poster ini memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan imajinasi yang cukup tinggi membuat poster yang berkaitan dengan isi kesimpulan. Pengerjaan poster ini selesai pada hari Rabu, 6 Juni 2012.
Pada akhirnya, 8 Juni 2012 tugas mini proyek yang telah selesai dikerjakan diposting diblog masing-masing dari anggota kelompok.
III. Laporan dan Hasil Evaluasi
3.1. Laporan
Setelah siswa SMA diberi sebuah materi dengan tema “KOMUNIKASI” dengan 2 kelompok yang berbeda yakni dengan motede belajar ceramah dan metode belajar presentasi. Berdasarkan kuisioner yang telah disebar yang berisi seputar materi yang telah ditampilkan.
POSTER :
3.2 Evaluasi
Pelaksanaan pembuatan tugas mini proyek ini awalnya sesuai diharapkian sesuai dengan perencanaan yang sebelumnya. Perencanaan yang dibuat pada minggu kedua April berjalan cukup baik dimana setiap anggota kelompok diharapkan mengerjakan tugasnya masing-masing dengan sangat baik dan tepat waktu, tahap perencanaan yang telah dikerjakan masing-masing anggota disatukan serta dilakukan pengoreksian.
Namun dalam pembuatan landasan teori mengenai judul yang kami tentukan sebelumnya. Dan akhirnya kami sharing kepada senior kami yakni kakak Holy Glora. Tidak salah kami memilih sharing karena akhirnya kami pun mendapat pencerahan akan landasan teori dan judul yang hamper terus berubah-ubah. Namun, tidak hanya sampai disitu saja. Kami kembali mengalami kesulitan kembali dalam menentukan lokasi yang akan kami teliti dan penggunaan alat yang ada. Karena kami harus menggunakan ruangan dan memerlukan alat seperti infocus. Namun, setelah itu kami kembali meminta nasihat kepada senior dan setelah itu ternyata infocus bisa kami dapatkan dengan menyewanya. Dan tempat pun kami dapatkan dengan teman anggota kelompok kami yang menjadi alumni bimbel terebut.
Kemudian kami pun langsung menyusun materi dan kuisioner dan langsung meng-print dan memfotocopynya. Sampai ditempat bimbel, kami dapat melanksanakann tugas kami dengan lancer dan anak-anak yang bisa diajak kerja sama.
Pembuatan poster yang berisi kesimpulan dari tugas mini proyek ini merupakan bagian yang tersulit sehingga membutuhkan waktu yang lama.Hal ini sudah diduga sebelumnya sehingga disediakan waktu kurang lebih seminggu. Tahap laporan dan evaluasi juga dikerjakan sesuai jadwal yang telah direncanakan sebelumnya dan begitu juga dengan pembuatan testimoni dari masing-masing anggota kelompok. Secara keseluruhan seluruh proses yang berlangsung dalam pengerjaan tugas mini proyek ini sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya sehingga tugas dapat diposting di blog masing-masing anggota dengan tepat waktu.
TESTIMONI :
Berliana Mega (11-095)
DOKUMENTASI :
Para siswa Einstein College
Metode presentasi
Pemberian Reward
Metode ceramah
Para siswa mendengarkan ceramah
Mengisi kuisioner
DAFTAR PUSTAKA:
SANTROCK, JOHN.W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua, Jakarta : Kencana ,2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar