Rabu, 06 Juni 2012

Survey : Metode Pembelajaran Presentasi

Dalam rangka memenuhi penyelesaian tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya melakukan sebuah survey dengan tema, "Metode Pembelajaran Presentasi". Survey ini berisi 7 pertanyaan dengan partisipan kurang lebih 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Psikologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2011.

Hasil dari survey tersebut adalah:


  • Menurut saya, penting adanya seorang guru atau dosen memilih metode belajar yang akan diterapkannya saat mengajar.
Yes
54
94,74%
Neutral
3
5,26%
No
0
0


  • Menurut saya, metode pembelajaran presentasi adalah metode pembelajaran yang paling baik apabila diterapkan di dalam kelas.
Yes
16
28,07%
Neutral
35
61,40%
No
6
10,53%


  • Metode pembelajaran presentasi baik dan sesuai bila diterapkan pada kelas besar.
Yes
25
43,86%
Neutral
21
36,84%
No
11
19,30%

  • Metode pembelajaran presentasi sebaiknya dilakukan oleh banyak presenter (lebih dari 2).
Yes
35
61,40%
Neutral
15
26,32%
No
12
12,28%

  • Metode pembelajaran presentasi dapat menambah pengalaman bagi murid atau mahasiswa yang menjadi presenter agar berguna di masa depan.
Yes
54
96,43%
Neutral
1
1,79%
No
1
1,79%

  • Penting adanya bila metode pembelajaran presentasi diakhiri dengan sesi tanya-jawab.
Yes
52
92,86%
Neutral
4
7,14%
No
0
0,00%

  • Penting adanya bila presenter pada metode pembelajaran presentasi memperhatikan penampilan secara fisik.
Yes
32
57,14%
Neutral
20
35,71%
No
4
7,14%



Seperti data yang telah ditampilkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar partisipan survey memilih untuk menjawab netral apabila metode pembelajaran dengan cara presentasi dilakukan. Namun, hampir seluruh partisipan setuju apabila metode pembelajaran dengan cara presentasi akan menambah pengalaman yang berguna di masa depan. Lalu, hampir seluruh partisipan juga menyetujui adanya sesi tanya-jawab di akhir presentasi. Setengah dari jumlah partisipasi meyakini bahwa presenter pada metode pembelajaran presentasi harus memperhatikan penampilan secara fisik.

Dari kesimpulan tersebut, saya berpendapat bahwa metode pembelajaran dengan cara presentasi  memiliki dampak yang positif bagi para presenter di masa depan walaupun sebagian besar memilih netral apabila ditanya apakah metode pembelajaran dengan cara presentasi merupakan cara yang paling baik dalam kegiatan ajar-mengajar.

Dengan adanya sesi tanya-jawab, akan membuat para peserta presentasi mengerti dan dapat memahami lebih dalam apa yang disampaikan oleh presenter, hal ini disetujui dengan hampir seluruh partisipan dalam survey ini menjawab setuju dengan adanya sesi tanya-jawab.

Metode pembelajaran dengan cara presentasi bukanlah satu-satunya metode pembelajaran yang dapat diberikan oleh para guru ataupun dosen yang akan mengajar di kelas. Oleh sebab itu, penting adanya bila seorang guru atau dosen menentukan metode pembelajaran apa yang harus diterapkan saat mengajar.


Testimonial:

Jujur sebelum saya membuat survey secara langsung, saya merasa sangat sulit untuk membuat tugas survey ini. Tetapi setelah saya diajarkan oleh teman saya bagaimana cara membuat survey, saya merasa bahwa membuat survey ini mudah dan cukup menyenangkan. Apalagi setelah saya melihat hasil dari partisipasi teman-teman satu angkatan saya.

Selain itu, dengan adanya tugas survey ini, saya mendapat satu lagi pengetahuan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Dan dengan tugas ini, saya mungkin akan dengan mudah membuat survey untuk salah satu syarat skripsi saya nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar